Selasa, 05 Juli 2011

Gedung Untuk Pertanian Tertinggi di Dunia

Untuk menghindari kekurangan pangan akibat sempitnya lahan dan pesatnya pertumbuhan penduduk, New York berencana membangun sebuah gedung pertanian tertinggi sedunia berbentuk kepala capung. Gedung berarsitektur unik ini kokoh berdiri di Roosevelt Island, New York  dengan tinggi 600 meter dan 132 lantai. Gedung pertanian yang bentuknya mirip kepala Satria Baja Hitam ini dapat menampung 28 jenis lahan pertanian yang berbeda, diantaranya buah-buahan, sayuran, padi-padian, biji-bijian, hingga daging dan susu. Gedung ini mengusung konsep pertanian modern di tengah kota yang akhir-akhir ini menjadi tren di negara-negara maju seiring dengan perkembangan teknologi yang makin maju seperti Jepang.
Gedung Pertanian Tertinggi di Dunia Gedung Pertanian Tertinggi di Dunia
Arsitektur gedung unik ini dirancang oleh Vincent Callebaut, seorang arsitek dari Belgia. Suprastruktur gedung capung mencakup, laboratorium pertanian, perumahan, dan area komunal yang diselingi kebun, peternakan, dan lahan produksi. Pertanian dan peternakan yang terdapat di interior gedung sudah diatur sedemikian rupa di dalam struktur baja dan kaca sehingga dapat mempertahankan tingkat hara tanah. Sampah organik dari pertanian dan peternakan di dalamnya pun juga sudah diatur dengan sistem tertentu agar dapat digunakan kembali sebagai pupuk.
Gedung ini memang mengusung konsep teknologi hijau mirip dengan rumah kaca raksasa. Energi operasional gedung ini berasal dari tenaga surya dan tenaga angin, sehingga dia tidak memerlukan listrik atau energi non alami lain dari luar gedung. Ruang-ruang di dalam gedung telah dirancang untuk dapat menyerap energi matahari. Selain itu, jika musim dingin tiba, struktur-exo yang dimilikinya telah memungkinkan untuk mengumpulkan udara hangat selama musim dingin. Sedangkan saat musim panas, ventilasi alami dan pernafasan tanaman akan mendinginkan suhu interior gedung.
Interior Gedung Pertanian Tertinggi di Dunia Interior Gedung Pertanian Tertinggi di Dunia
Eksterior kebun vertikal ini juga memiliki sistem yang unik. Ia memiliki filter yang mampu mengolah air hujan. Dengan sistem berteknologi modern, air hujan tersebut dicampur dengan limbah cair dari dalam gedung, lalu dikondisikan secara organik sebelum diresirkulasi ke seluruh permukaan gedung.  Teknologi ini berguna untuk menyediakan dan menyebarkan nitrogen, fosfor, dan potassium yang diperlukan oleh tanaman-tanaman di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya