Jumat, 22 Juli 2011

17 Cara Mencegah Flu dan Masuk Angin

Perubahan cuaca yang sulit diramalkan sering diikuti dengan “musim masuk angin” dan juga batuk pilek. Apa saja yang bisa kita dilakukan untuk mencegah terkena dan tertular flu.


  • Apakah anda sedang mencoba untuk menghindar diri dari teman kerja anda yang terkena sakit flu, demam atau masuk angin ?
  • Apakah anda tidak mau memegang setiap kenop pintu ?
  • Apakah anda fobia dengan masuk angin dan flu ?

17 Cara Mencegah Flu dan Masuk Angin - www.iniunik.web.id

Hindarilah flu sebelum flu menjangkiti anda. Saya telah berkonsultasi dengan banyak ahli medis sehingga saya bisa membuat 13 cara untuk menghindari penyakit flu dan masuk angin :
  1. Cuci tangan sehabis bersalaman. Tetapi jangan berhenti di situ, basuhlah tangan anda sebanyak mungkin. Dengan banyaknya air yang mengalir di tangan anda maka setiap kuman akan langsung turun ke pembuangan.
  2. Jauhkan tangan anda. Menyentuh hidung dan mata anda dapat membuat anda tertular. Tempat itu adalah tempat yang paling umum bagi kuman untuk tinggal.
  3. Cukup tidur. Jika waktu tidur normal tidak cukup maka anda perlu menambah waktunya jika cuacanya sedang tidak baik. Ketika anda lelah, maka sistem kekebalan tubuh anda tidak bisa bekerja maksimal. Mengel menganjurkan waktu tidur antara 8 sampai 10 jam semalam.
  4. Disuntik. Mendapatkan suntikan yang seharusnya didapatkan lebih awal.
  5. Makan makanan sehat. Anda mungkin berpikir bahwa sulit untuk makan makanan sehat secara rutin, tetapi buah dan sayuran segar dapat mendukung sistem kekebalan tubuh anda. Dan itu akan jauh mempermudah perjuangan anda terhadap flu.
  6. Berolah raga. Dapatkan keringat saat berolah raga. Olah raga secara teratur dapat memperbaiki fungsi kekebalan.
  7. Menjauhkan diri. Jagalah jarak dengan orang lain yang menderita gejala flu atau demam seperti bersin dan batuk-batuk. Hal ini berlaku bukan hanya kepada orang asing dan rekan kerja, tetapi juga teman dan anggota keluarga anda.
  8. Bersihkan diri anda. Pakailah jel sanitasi atau alkohol untuk membersihkan tangan anda. Tetapi baca label produknya terlebih dahulu sebelum anda membeli, karena tidak semua pembersih mengandung alkohol dan manjur.
  9. Berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan resiko infeksi dengan membuat perubahan struktural dalam sistem pernafasan dan menurunkan respon kekebalan. Mengel berkata, rokok dapat menghancurkan cilia, yaitu rambut-rambut halus di dalam hidung kita yang mana dapat meningkatkan resiko infeksi.
  10. Beli dompet baru. Dompet kita juga bisa membawa kuman penyakit sama seperti halnya tubuh kita, jadi dapat menginfeksi diri anda setiap kali anda membawa tas anda. Sarannya: Jauhkan dompet kain anda selama musim dingin dan bawa dompet yang mudah dilap seperti yang terbuat dari vinyl atau kulit. Tentu saja anda bisa membeli beberapa dompet.
  11. Jangan menggigit kuku. Menggigit kuku dapat membuat anda cepat tertular karena kuman penyakit bersembunyi di bawah kuku anda.
  12. Cobalah untuk tersenyum. Kebahagiaan dapat menolong anda dimana seks, berpikir positif, bermain dengan hewan kesayangan, dan perilaku yang dapat menimbulkan kesenangan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
  13. Anda mau saya bersin dimana ?. Mungkin terdengar aneh, tetapi ketika anda mau batuk atau bersin, maka lakukan di lekuk siku anda, bukan di telapak tangan anda. Karena tangan anda adalah sumber bibit penyakit yang paling umum maka melakukannya bisa mencegah penyebarannya.

Sudah tertular ?.

Di bawah ini terdapat empat hal yang anda bisa lakukan.
  1. Mengasingkan diri. Ini adalah ketika anda ingin menjauhkan diri anda dari perusahaan untuk sementara waktu. Tinggallah di rumah dan rawat diri anda.
  2. Awasi gejalanya. Jika tiba-tiba anda mengalami sakit yang hebat maka pergilah ke dokter. Hal itu mungkin bisa menjadi flu.
  3. Minum, minum, minum. Dehidrasi dapat terjadi dengan mudah (khususnya jika anda demam atau muntah). Jika anda tidak bisa mencegah dehidrasi maka hubungi dokter.
  4. Sekarang waktunya untuk berhemat. Buang semua tisu bekas pakai anda karena bisa memperparah penyakit anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya