Rabu, 20 Juli 2011

Hati-Hati, Jangan Gunakan Laptop Di Atas Tempat Tidur!

Apakah kalian sering menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama? Baik untuk melakukan pekerjaan ataupun hanya sekedar browsing atau bermain game. Jika iya, sebaiknya kalian harus lebih berhati-hati dalam menggunakan laptop. Kenapa? Karena jika tidak berhati-hati, laptop dapat menimbulkan kecelakaan.
Seperti halnya diungkapkan oleh Praktisi K3 Pertamina UP V Balikpapan, Julius Pasaribu, dalam seminar “Implementasi sistem manajemen K3″, laptop/notebook mempunyai kemungkinan menyebabkan kebakaran besar. Jika menaruh laptop diatas paha, kulit paha akan terbakar.

Fakta:

Semua laptop dilengkapi fan pendingin yang posisinya dibawah sebagai pendingin laptop yang akan berfungsi bila laptop dalam keadaan panas. Jika fan pendingin ini tidak bisa mendinginkan laptop karena digunakan di tempat atau bidang yang tidak datar, maka akan memicu terjadinya kebakaran.

Contoh:

Hal kecil seringkali tidak mendapat perhatian dari pemilik laptop, seperti memakai laptop di tempat tidur, posisi sprei, selimut kasur menutupi saluran hisap dari laptop sehingga laptop menjadi panas. Atau apabila laptop dibiarkan hidup terus maka akan terjadi seperti yang disebut dengan prinsip ‘fire triangle’.

Tips:

Untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat penggunaan laptop, dianjurkan untuk tidak menggunakan laptop ataupun peralatan elektronik lainnya (hand phone, charger) diatas tempat tidur dan jangan meninggalkan peralatan elektronik dalam kondisi hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya