Selasa, 05 Juli 2011

10 Pertanyaan Tersering Saat Wawancara Kerja

1. Ceritakan tentang diri anda
Pertanyaan ini sederhana dijawab dengan menjadi diri sendiri, mengenal diri anda sendiri dan mempromosikan diri sendiri. Jangan hanya asal mengulang dari apa yang tertulis di cv anda, karena pewawancara pasti sudah membacanya.
Menurut Ron Fry dalam bukunya yang berjudul
“101 toughest Interview
Question , menyarankan agar kita selalu fokus pada :
a.
Prestasi terbaik yang pernah diraih dalam pekerjaan sebelumnya
b. Kekuatan yang tercermin dari diri anda dengan pencapaian tersebut
c. Bagaimana Anda bisa membuat diri anda berguna dalam posisi yang ada inginkan, beri contoh kinerja dan karakter anda yang dapat membuat
mereka merasa anda adalah orang yang cocok untuk posisi
ditawarkan.
Bentuk lain dari pertanyaan ini adalah Jelaskan diri Anda dalam
lima
kata! atau Kata-kata apa saja yang bisa mewakili Anda? dan
Anda
harus menjelaskan bahwa anda memiliki sifat pekerja keras, pantang menyerah, dapat bekerja di bawah tekanan dalam menjelaskan bagaimana hal itu menggambarkan Anda.

2. Apakah yang menjadi kelebihan anda?
Inilah kesempatan Anda untuk mencetak poin, terutama untuk hal-hal yang sulit untuk dijabarkan pada resume. Buat daftar kelebihan anda, bukan yang umum saja seperti aku baik dengan pelanggan atau saya memiliki kemampuan organisasi yang baik.
contoh: Saya memiliki kemampuan untuk secara akurat mengidentifikasi keterampilan dan bakat staf saya dan memanfaatkan keterampilan tersebut untuk secara efektif mencapai tujuan departemen saya.

3. Apakah yang menjadi kekurangan anda?
Pada dasarnya pertanyaan ini tidaklah bertujuan untuk menjatuhkan anda, melainkan untuk mengetahui bagaimana anda mengatasi kelemahan dan kekurangan, jadi pastikan setelah anda memberitahu kelemahan atau kekurangan, anda juga menjelaskan bagaimana anda mengatasi kelemahan ini, dan pastikan anda menyebutkan kelemahan yang tidak terlalu berbahaya bagi anda. Anda tidak perlu memilih kelemahan yang dapat menghancurkan kesempatan anda dan ubah kelemahan anda menjadi kekuatan, berikut
beberapa kekurangan dan kelemahan yang dapat aktual
berlaku: a. Saya Cenderung Perfeksionis. b. Saya juga memiliki
banyak tuntutan pada diri sendiri. Dan pada akhirnya dapat anda tambahkan, tetapi tidak satupun dari kelemahan saya ini yang akan mempengaruhi saya untuk menjalankan pekerjaan saya.

4. Bagaimana Anda menangani situasi stres?
Berikan beberapa contoh situasi stres Anda sudah ditangani dimasa lalu. Ceritakan tentang keterampilan anda mengatur waktu dengan baik, memecahan masalah atau dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi stres. Misalnya, dengan membuat “to-do list” akan sangat membantu . Tehnik mengurangi stres seperti peregangan dan istirahat. Jangan takut untuk mengakui bahwa Anda akan meminta bantuan jika Anda merasa kewalahan. Katakanlah Anda benar-benar bekerja lebih baik jika berada di bawah tekanan.

5. Ceritakan tentang pencapaian terbesar anda terkait pekerjaan?  Pilih salah satu contoh dari masa lalu anda yang penting untuk anda dan membantu perusahaan tempat anda bekerja. Berikan detail spesifik dari apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dan apa hasilnya. Cobalah untuk memilih suatu prestasi yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Pewawancara ingin mendengar tentang kesuksesan untuk mengurangi biaya, meningkatkan pendapatan, memecahkan masalah atau meningkatkan reputasi perusahaan.

6. Kenapa anda berhenti dari pekerjaan anda yang lama?
Berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan ini, jangan pernah menjelekan bos anda atau perusahaan tempat anda dulu bekerja. Berikan jawaban seperti “saya sangat menyukai sesuatu tentang pekerjaan saya. Alasan saya ingin meninggalkan pekerjaan itu adalah untuk mencari posisi di mana saya bisa memberikan kontribusi yang lebih besar. Seperti yang dapat anda lihat, saya bekerja untuk sebuah perusahaan besar yang mendorong keterampilan dalam hal tertentu. Lingkungan yang lebih kecil yang anda miliki di sini akan mengizinkan saya untuk berkontribusi lebih di area yang berbeda-beda“. Katakan kepada mereka apa yang mereka ingin dengar.
Anda juga harus siap ketika ditanya tentang orang / teman
yang bisa dihubungi di tempat anda bekerja terlebih dahulu. Pertanyaan ini
bisasanya untuk mengetahui jika Anda meninggalkan pekerjaan yang
digunakan dengan baik. Jadi, adalah penting untuk memiliki teman yang baik di tempat anda bekerja sebelumnya.

7. Kenapa anda memilih untuk bekerja di perusahaan kami?
Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus telah meneliti perusahaan tersebut . Jawab dengan atribut perusahaan mereka. Tekankan jawaban Anda dengan mengacu kepada keyakinan Anda bahwa perusahaan dapat menyediakan Anda dengan lingkungan kerja yang stabil dan bahagia - perusahaan memiliki bahwa reputasi - dan bahwa suasana seperti itu akan mendorong anda bekerja dengan baik.
contoh: “Saya tidak  hanya sekedar mencari gaji, tetapi saya menikmati pekerjaan saya dan bangga dengan profesi saya. Perusahaan Anda menghasilkan produk unggulan / menyediakan layanan superior. saya berbagi nilai-nilai yang membuat ini mungkin, yang harus memungkinkan saya untuk menyesuaikan dan melengkapi tim.

8. Berapa gaji yang anda inginkan?
Cobalah untuk menunda menjawab pertanyaan ini selama mungkin. Cara yang baik adalah dengan  membalikkan pertanyaan. Saya tidak banyak memikirkan aspek gaji. Berapa kisaran gaji untuk posisi ini? Ingat bahwa menjawab dengan harapan rendah dapat menghalangi Anda tentang penghasilan besar dan jawaban yang terlalu tinggi dapat mendiskualifikasi Anda dari pertimbangan.

9. Jelaskan mengapa kamu merupaka orang terbaik untuk pekerjaan ini?  Seperti semua pertanyaan lainnya,  percaya dirilah  dan antusias ketika Anda menjawab ini. Jangan mencoba untuk mengatakan bahwa Anda adalah orang dengan kualitas terbaik, karena anda tidak tahu kualifikasi dari pelamar lainnya. Sebaliknya, tekankan beberapa alasan mengapa anda harus dipekerjakan. Sebagai contoh: ”Saya punya pengalaman yang luas dalam [nama bidang yang sesuai] dan memiliki keterampilan khusus yang anda cari. Saya cepat belajar dan dapat dengan cepat beradaptasi. Saya berdedikasi dan sangat antusias membantu perusahaan Anda mencapai tujuan, dan akan memberikan hasil yang berkualitas tinggi. Saya seorang pekerja keras yang bangga dengan pekerjaan saya. Anda tidak akan menyesal bila Anda mempekerjakan saya. ”

10. Bagaimana anda melihat diri Anda dalam 5 tahun ke depan?
Dalam menjawab pertanyaan ini, Anda harus fokus pada kemajuan karir anda yang terkait dengan pekerjaan dimana anda mendaftar.
Hindari jawaban seperti: Saya berharap dapat memiliki pekerjaan Anda saat itu! atau saya berharap bisa menjalankan bisnis saya sendiri saat itu. Pengusaha ingin mendengar bahwa Anda akan menjadi karyawan loyal yang tumbuh dalam perusahaan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya