Senin, 04 Juli 2011

Tips merawat kulit

                Kulit manusia ada beberapa macam. Antara lain kulit berminyak, kulit kering, kulit normal, dan kulit kombinasi. Keempat jenis kulit ini membutuhkan perawatan yang berbeda. Cara mudah untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan cara menggunakan selembar kertas minyak yang ditempelkan pada dahi, hidung, pipi, dan dagu. Jika terdapat minyak, maka kulit termasuk kulit berminyak. Jika hanya berminyak di sebagian hidung, pipi, dan dahi maka kulit termasuk kulit kombinasi. Jika tidak ada sama sekali minyak, maka kulit termasuk kering atau normal. Ada beberapa cara merawat kulit tersebut sesuai dengan jenis kulit
Kulit berminyak
Kulit berminyak cenderung berjerawat dan berkomedo. Pada saat cuaca lembab dan, kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Hindari membersihkan kulit wajah menggunakan sabun terlalu sering.  Gunakan campuran air lemon, susu, tepung jagung, dan jus mentimun. Lakukan 1 minggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya campurkan 2 sendok teh madu, setengah sendok teh air lemon, seperempat sendok teh susu bubuk. Lalu campurkan dengan jus mentimun sampai membentuk pasta. Usapkan pada wajah, hindari terkena mata. Ketika sudah hampir kering, usaplah dengan spons lembut.
Kulit kering
Saat musim dingin, kulit kering membutuhkan perawatan lebih. Kulit sangan sensitif terhadap sinar matahari dan mudah terkelupas sehingga harus tetap dijaga kelembabannya. Buatlah masker dengan menggunakan buah pepaya. Potong buah pepaya, haluskan dan oleskan pada wajah. Buah pepaya sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit kering.
Kulit kombinasi
Jenis kulit kombinasi harus mendapatkan perawatan yang khusus. Bagian wajah memiliki perawatan yang berbeda. Terdapat jenis kulit berminyak dan kering dalam 1 wajah. Kulit berminyak pada dahi, hidung dan dagu disebut T-zone. Rawatlah bagian tersebut dengan perawatan kulit berminyak. Untuk melakukan perawatan menyeluruh, gunakan masker yang dibuat dengan tomat. Caranya hancurkan tomat lalu oleskan merata pada seluruh wajah. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.
Kulit normal
Kulit jenis ini jarang memiliki masalah. Namun harus tetap dirawat perawatan bisa dilakukan dengan cara perawatan kulit berminyak atau kering.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya