Selasa, 28 Juni 2011

Bensin Dari Sampah


Salah satu hal yang tak ada habisnya adalah sampah. Itu sebabnya merubah sampah menjadi bahan bakar adalah ide yang sangat menarik untuk mengatasi masalah sampah dan berkurangnya cadangan minyak bumi. Waste Management perusahaan pengumpul sampah terbesar menjalin kerjasama dengan Terrabon, sebuah perusahaan yang berusaha untuk mengubah sampah organik menjadi bensin beroktan tinggi dengan menggunakan mikroorganisme alami dan proses kimia.



James McMillan, manager biochemical process R&D group di National Renewable Energy Laboratory in Golden, CO, mengatakan bahwa kerjasama ini akan memudahkan produksi jutaan galon bahan bakar dengan memanfaatkan tehnologi biofuels.

Kebanyakan perusahaan biofuels menggunakan 2 cara pemrosesan:
1. Mereka menggunakan enzim untuk mengubah biomassa menjadi gula sederhana (glukose atau dextrose, fruktose dan galaktose) kemudian menggunakan mikroorganisme untuk mengubahnya menjadi bahan bakar.
2. Ada lagi perusahaan yang menggunakan termperatur tinggi untuk memecah biomassa menjadi karbon monooksida (CO) dan hidrogen kemudian menggunakan proses kimia untuk mendapatkan bahan bakar yang diinginkan.

Sedangkan Terrabon menggabungkan kedua hal tadi. Mereka menggunakan mikroorganisme untuk mengubah biomassa menjadi asam karboksilat lalu kemudian dapat diubah menjadi bahan bakar dengan menggunakan proses kimia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya