Rabu, 29 Juni 2011

KENALI 10 PENYEBAB PENYAKIT MAAG



Anda pernah merasakan derita nyeri lambung yang untuk berdiri tegas saja sulitnya bukan main? Nyeri lambung ini seringkali datang tanpa permisi, terutama jika Anda 'melanggar' hal-hal yang harusnya dipantang untuk dilakukan bagi penderita sakit maag.
Agar tahu bagaimana caranya mencegah sakit maag tidak sering kambuh, kita perlu tahu faktor apa saja yang paling sering menjadi penyebab munculnya nyeri lambung. Ini dia:

1.
Kopi, teh atau minuman lain yang mengandung kafein
Kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan gas di lambung naik hingga kerongkongan.
2.
Coklat
Coklat mengandung konsentrasi teobromin (sebuah senyawa yang secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi), yang akan melemaskan otot LES, memicu asam lambung naik ke kerongkongan.
3.
Makanan berminyak dan berlemak
Makanan tersebut cenderung lambat dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat membuahkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.
4.
Tomat dan produk berbahan dasar tomat
Makanan tersebut semuanya meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik
5.
Alkohol
Alkohol bekerja melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan. Alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.
6.
Rokok
Bahan kimia pada asap rokok dapat melemahkan katup saat dia melewati paru-paru masuk kedalam darah.
7.
Makan dalam jumlah besar
Perut yang 'penuh' dapat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang akan meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.
8.
Buah asam dan jus
Buah-buahan yang berasa asam berikut produknya, seperti jus, berperan dalam melenturkan LES.
9.
Makan antara 2-3 jam sebelum tidur
Berbaring dengan perut penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup LES, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.
10.
Pakaian terlalu ketat
Pakaian yang memeluk terlalu ketat di sekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.


Sumber : http://99ratiz.blogspot.com/2011/06/kenali-10-penyebab-penyakit-maag.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya