Sabtu, 02 Juli 2011

Edensor, Desa Dongeng Di Dunia Nyata

Mungkin ada di antara pembaca yang mengenal Edensor sebagai judul novel ketiga dari seri Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Nama Edensor sendiri diambil dari sebuah desa yang indah di kawasan Derbyshire, Inggris.
Andrea Hirata kabarnya memang pernah mengunjungi surga dunia di dataran Eropa tersebut.
Alkisah, Edensor (dibaca En-Zer), dulunya berada di kawasan Chatworth House, yakni rumah peristirahatan milik keluarga bangsawan Dukes Of Devonshire. Namun sang Duke yang sangat berkuasa pada masa itu meminta desa Edensor dipindahkan saja ke balik gunung. Akhirnya berbondong-bondonglah penduduk desa itu pindah ke balik gunung, kecuali satu orang keras kepala yang memilih tetap tinggal. Terkesan oleh keteguhan hatinya, sang Duke lalu memugar rumah orang tersebut menjadi sebuah penginapan mewah yang bisa ditempati banyak orang. Baik bener yah si Duke..
Kemudian bagaimana nasib desa yang ‘digusur’ tersebut? Rupanya Duke of Devonshire memang seorang yang berhati mulia. Ia meminta bantuan arsitek arsitek handal untuk merancang-ulang desa tersebut. Adalah seorang arsitek muda handal bernama John Robertson yang mengepalai tugas besar tersebut.
Peristiwa tersebut terjadi pada abad ke-17. Hanya ada satu penginapan, satu restoran, satu FO dan satu gereja besar di Edensor kala itu. Namun sekarang telah dibangun beberapa hotel modern. Penginapannya yang tertua bernama The Devonshire Arms, pernah ditempati oleh Charles Dickens, seorang pengarang terkenal, dan Raja Edwards VIII. Bila kalian ada yang berniat tamasya ke daratan britania, bolehlah tempat ini jadi salah satu tujuan untuk menikmati keindahan ‘sekeping surga’ di bumi.
Ingin melihat keindahan desa Edensor? berikut beberapa foto yang berhasil dihimpun.
Enzor1
Enzor2
Enzor3
Enzor4
Enzor5

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.:tutup:.
Klik Salah Satu Untuk Medukung Blog Saya